Senin, 05 September 2011

Hari Pertama Perdagangan

Setelah 1 minggu penuh libur panjang para trader harap-harap cemas karena pada saat terakhir perdagangannya index Dow Jones melorot tajam mengakhiri up trend rally di sepanjang minggu kemarin. Tapi kecemasan itu hilang, index merayap naik. Kemungkinan ini karena banyak para investor melakukan pembelian kembali saham-sahamnya.

Berikut saya sampaikan analisa teknikal 2 buah saham, yaitu : JPFA dan LPCK.

JPFA ( Japfa Comfeed )
Pernah saya beli diharga 5300, yang sampai saat ini harganya turun terus di 4900. Saya mencoba membuat analisis, apa yang terjadi pada saham ini dan kemungkinan kapan saatnya membeli kembali saham ini untuk menebus kerugian kemarin.

Click to Enlarg
Seperti yang saya gambarkan, Major Trend JPFA sebenarnya berkelanjutan dari arah trend lamanya (1) Setelah terungkit selama 2 bulan (2), kemudian turun dengan cepat selama bulan Agustus sampai hari ini. Memasuki daerah Ichimoku "cloud" dan mencoba untuk menembusnya. Jika tembus maka konfirmasi bearish akan terjadi sehingga harga akan terus turun. Tapi garis MACD dan Stochastic sudah lama berada di daerah "Over Sold" penjualan sudah sangat jenuh. Garis MACD berusaha membentuk "Golden Cross". Jadi >>Kesimpulannya :
Saya akan melakukan pembelian jika sudah ada konfirmasi dari MACD membentuk Golden Cross dan candle stick sudah keluar dari cloud membentuk arah sejajar dengan badannya.


LPCK ( Lippo Cikarang tbk )
Saham ini terungkap ketika iseng saya menanyakan pada seorang teman, saham apa yang sedang dia beli. Beliau adalah seorang "One Day Trater" sejati, membeli saham pada saat awal perdagangan dan menjualnya kembali pada saat akhir atau sudah mencapai targetnya.

Click to Enlarge
Harga saham LPCK saat ini sudah sangat volatile, jadi sebenarnya jarak support dan resistan sangat besar. Harga bisa saja mengalami "gap-down" dan "gap-up" kapan saja. Dan memang saham ini sedang di goreng oleh bandar pada saat ini, entah sampai kapan bandar menggoyangnya. Garis MACD sedang mencoba membentuk "Death Cross", bila terjadi harga akan semakin turun.

Pertanyaannya diharga berapakah saham ini mencapai harga sebenarnya ?
Saya mencoba membuat garis Major Trend dan garis vertikal tanggal hari ini ( 5 Sept 2011 ) sehingga terbentuk garis horizontal yang menunjukan angka 1802.95 ~ 1800. Apakah angka ini menunjukan harga kapan saya melakukan pembelian saham ini ? Lihat perkembangan besok ya ! :)
Ulasan diatas merupakan ulasan bodoh saya yang sedang mencoba membaca Analisa Teknikal dan belum diuji kebenarannya. Perlu dihadapkan dengan fakta yang terjadi nanti. Bila ternyata benar, saya telah belajar dengan baik dan perlu ditingkatkan lagi. Bila salah, saya benar-benar harus lebih keras lagi belajar, mencoba dan mencoba lagi
Chart diatas menggunakan ChartNexus, Software Online Chart
>> Disclaimer :
Data yang disampaikan adalah hanya sebuah contoh praktis, seluruh trading yang dilakukan mengikuti contoh diatas adalah menjadi tanggung jawab masing-masing trader
-------------------------------------------------------
Informasi/ Update blog ini bisa didapatkan langsung melalui email anda, dengan mengklik link dibawah ini :
Subscribe to XKong-Bursa by Email
Happy Trading & Wish You Luck !!
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Thank you for comment !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Subscribe via email

Don't get left behind. Sign up to receive the latest news

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label