Senin, 26 September 2011

Cut Losses

Menjadi seorang trader kita harus terbiasa melakukan "cut losses". Memang kata-kata tersebut terasa tabu dan berkonotasi negatif., kata tersebut sebaiknya kita ganti sendiri menjadi 'proteksi'.

Karena memang sebenarnya dengan melakukan 'cut losses' kita melakukan proteksi pada portfolio kita sendiri. Kita tidak membiarkan portfolio menyimpan saham yang minus, alias 'nyangkut' dan tiba-tiba menjadi investor dadakan. Setidaknya kita masih mempunyai peluru untuk melakukan trading lagi di harga yang lebih rendah. Semua trader, baik yang profesional maupun pemula melakukannya, karena pada dasarnya didalam setiap bisnis pun pasti ada kerugian dan tidak selamanya kita mendapatkan keuntungan.

Saya menyadari sekali, masih banyak mengalami kesalahan-kesalahan fatal dalam bertransaksi, saya masih perlu untuk belajar. Terutama Mengatasi Emosi dalam melakukan trading, masih harus lebih giat lagi mendalami Technical Analysis dan membuat Trading Plan yang baik dan Konsisten menjalankan Aturan-aturan Trading yang saya buat.

Krisis yang terjadi saat ini adalah krisis yang bersifat global, investasi saham hampir seluruh dunia dan setiap sektor, mengalami penurunan. Akibat dari akumulasi kegagalan dalam pembayaran utang negara yang berkepanjangan, terutama di Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa.
Saya tidak akan membahas ini lebih lanjut karena untuk mendapatkan info-info krisis global ini, hampir setiap hari dapat anda baca di koran dan portal berita di internet.

Saya hanya mau memperlihatkan kenyataan dan permasalahan ekonomi global yang mau tidak mau harus anda hadapi selama menjalankan trading dan bisnis pada umumnya. Kita tidak bisa melawan pasar, pasar tidak akan peduli pada kita.



Seperti yang dapat anda lihat pada gambar diatas, hari ini, meskipun agak terlambat, saya sudah melakukan 'cut losses' pada XKong Portfolio. Dimana sampai saat ini saya mengalami kerugian sebesar Rp 2.200.000, tetapi saya masih mempunyai uang cash sebesar Rp 17.800.000 yang siap dibelanjakan jika harga mengalami 'reversal'

Jadi tidak usah merasa malu dan rendah diri jika melakukan 'cut looses' , selama anda masih mau untuk belajar dan memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam melakukan analisa teknikal, perencanaan dan pada saat trading
Siapkah anda untuk melakukannya ? :)

>>Disclaimer :
Data yang disampaikan adalah hanya sebuah contoh praktis, seluruh trading yang dilakukan mengikuti contoh diatas adalah menjadi tanggung jawab masing-masing trader
-------------------------------------------------------
Informasi/ Update blog ini bisa didapatkan langsung melalui email anda, dengan mengklik link dibawah ini :
Subscribe to XKong-Bursa by Email

Happy Trading & Wish You Luck !!
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Thank you for comment !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Subscribe via email

Don't get left behind. Sign up to receive the latest news

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Label